Pages

Sunday, July 18, 2010

Origami

Hmm..
Kali ini aku mau ngasih sedikit cerita tentang salah satu kebiasaanku ngelipat-lipat kertas atau biasa dikenal dengan origami. Dari sumber yang kubaca, origami itu sendiri merupakan sebuah seni lipat yang berasal dari Jepang. Biasanya bahan yang digunakan itu kertas atau kain yang berbentuk persegi. Hasil origami bisa dikatakan sebagai hasil kerja tangan yang sangat teliti dan halus pada pandangan. >>>>more<<<<
Origami dipercayai bermula semenjak kertas diperkenalkan pertama kali pada abad pertama di Tiongkok pada tahun 105 oleh seorang Tiongkok yang bernama Ts'ai Lun. Untuk meningkatkan produksi kertas, dibuatlah kertas dari potongan kecil tumbuhan dan kain berkualitas rendah. Contoh awal origami yang berasal daripada Republik Rakyat Tiongkok adalah tongkang Tiongkok dan kotak.
Pada abad ke-6, cara pembuatan kertas dibawa ke Spanyol oleh orang-orang Arab dan pada tahun 610 di masa pemerintahan kaisar wanita Suiko (zaman Asuka), seorang biksu Buddha bernama Donchō (Dokyo) yang berasal dari Goguryeo (semenanjung Korea) datang ke Jepang memperkenalkan cara pembuatan kertas dan tinta. Kemudian origami menjadi populer di kalangan orang Jepang sampai sekarang terutama dengan kertas lokal Jepang yang disebut Washi. Washi atau Wagami adalah sejenis kertas yang dibuat dengan metode tradisional di Jepang. Washi dianggap mempunyai tekstur yang indah, tipis tapi kuat dan tahan lama jika dibandingkan dengan jenis kertas lainnya. Produksi washi sering tidak dapat memenuhi permintaan konsumen sehingga berharga mahal. Di Jepang, washi digunakan dalam berbagai jenis benda kerajinan dan seni seperti Origami, Shodō dan Ukiyo-e. Washi juga digunakan sebagai hiasan dalam agama Shinto, bahan pembuatan patung Buddha, bahan mebel, alas sashimi dalam kemasan, bahan perlengkapan tidur, bahan pakaian seperti kimono, serta bahan interior rumah dan pelapis pintu dorong. Di Jepang, washi juga merupakan bahan uang kertas sehingga uang kertas yen terkenal kuat dan tidak mudah lusuh.
Nah, itu sedikit info tentang origami yang merupakan salah satu kesenian dari Jepang dan penggunaan kertas washi atau wagami sebagai bahan dasarnya. Klo lagi iseng dan ada kertas persegi nganggur, aku kebiasaan dan secara gak sadar pasti langsung melipat-lipat dan tiba-tiba ajah udah kebentuk bangau. Kalian tentu juga pernah dengarkan mitos yang mengatakan klo kita ngebuat bangau mpe 1000 buah, katanya permintaan kita bakalan dikabulin. Bener gak sih?? Percaya gak percaya deh ya..
Yang penting hobi kita melipat-lipat kertas bisa tersalurkan dan dapat menjadi salah satu hiasan di kamar. hehe..
Oh, iya..
Neh aku kasih tahap demi tahap pembuatan origami bentuk bangau..
(bagi yang belum tau tentunya)
Semoga kalian senang..
^___^

No comments: